SINGARAJA BALI KUTA OLIMPIADE TOFI PENDIDIKAN buleleng smun1singaraja sman singaraja smun1singaraja smun 1 singaraja sma 1 singaraja lovina travel smansa sekolah smansa 98 98 Bali smansa singaraja denpasar sma1 smu1 smp1 sma smu smun smu negeri singaraja sma 4 singaraja smk1 smun1 hotel travel to bali jalan-jalan balinesse dance hotel reservation bali beach nusa dua benoa kuta ubud kintamani bedugul
::: Smansa98 News Text ::: Wedding Reception on Sept 18th 2010 6.30 PM, ARSA W. and GINA ,Garden Hall - Hotel Singaraja ::: Berita Pernikahan : YUSADANA dan NIA , Desa Telaga Busungbiu 9 September 2010 15PM ... SELAMAT BERBAHAGIA :::

Monday, June 15, 2009

Pesta Kesenian Bali ke-31 telah dibuka

DENPASAR, KOMPAS.com - Pesta Kesenian Bali ke XXXI akan menggelar sedikitnya 180 gelar seni dan budaya Pulau Dewata selama 13 Juni hingga 11 Juli dan melibatkan sekitar 14.000 seniman dari berbagai usia. Pesta kesenian rencananya dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 13 Juni di Taman Budaya (art centre) Denpasar.


Saat pembukaan, sebanyak 3.500 seniman berparade mulai dari depan Lapangan Puputan Badung sampai depan Taman Budaya. Atraksi seni rakyat Bali tahunan kali ini bertemakan Mulat Sarira, kembali ke jati diri menuju kemuliaan berbangsa dan bernegara.


"Tahun ini kami mencoba membuat sedikit berbeda dan memaksimalkan kesenian pertunjukan setiap harinya," kata I Made Santha, Sekretaris Panitia PKB yang juga Kepala Bidang Kesenian dan Perfilman Dinas Kebudayaan Bali , di Denpasar.


Meski tahun lalu tercatat transaksi sekitar Rp 7 miliar, menurut Santha, tahun ini PKB tidak ditujukan untuk tujuan transaksi tersebut. Tahun ini benar-benar untuk pesta kesenian guna menepis opini pasar malam yang melekat beberapa tahun terakhir.


Dalam pembukaan akan digelar sendratari Bima Swarga di panggung terbuka Arda Candra, Taman Budaya. Sendratari tersebut pernah dipentaskan sekitar tahun 80-an dan kali ini dicobakan mengulang sukses dengan melibatkan seniman-seniman tua.



Wayan Dibya, pengamat seni, mengatakan, media terlalu membentuk opini kepada masyarakat soal pasar malam itu. Padahal, persiapan pesta rakyat ini bisa memakan waktu tujuh bulan. Dampaknya pun meluas bagi masyarakat. Karenanya, ia menyambut baik jika tahun ini dikonsentrasikan pada pertunjukan seni. "Seni adalah sarana komunikasi terbaik untuk masyarakat. Karenanya seni rakyat juga untuk rakyat tidak semata-mata pariwisata. Justru pariwisata menjadi nomor sekian di PKB ini," katanya.


Jumlah penonton parade pada pembukaan diperkirakan sekitar 24.000 orang per harinya. Enam negara turut serta memeriahkan PKB yaitu Amerika Serikat, India,Taiwan, Jepang, Thailand, dan Mexico. Sementara dalam negeri sebanyak 19 provinsi seperti Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, Yogyakarta, dan Lombok Barat. Pegelaran seni ini menelan biaya sekitar Rp 3,9 miliar. Rencananya tahun depan dianggarkan sekitar Rp 5 miliar.



Peserta Asing Ikut Meramaikan PKB-31

Pesta Kesenian Bali (PKB) 2009 resmi dibuka Gubernur Bali Made Mangku Pastika sekitar pukul 14.59 Wita kemarin. Pembukaan itu ditandai dengan pemercikan tirta suci pemutaran cakrabhawa (roda kehidupan).

Penyelenggaraan ke-31 PKB tersebut sedikit berbeda. Nuansa resmi dan seremonial dikurangi. Tidak ada lagi pidato pejabat untuk mengawali acara.

Begitu cakrabhawa berputar, arak-arakan pawai langsung dimulai. Diawali pementasan tarian kebesaran PKB, Siwa Nata Raja. Disusul arak-arakan kesenian dari setiap kabupaten. Yang unik adalah peserta grup SOEI TV Jepang. Mereka menampilkan atraksi pedang samurai.

Gubernur Bali Mangku Pastika. Dia tak henti-hentinya menyambut setiap adegan "maut" para penari samurai itu dengan aplaus. Setelah acara Pastika mengatakan, pawai PKB itu diharapkan mampu membuat interaksi langsung dengan warga masyarakat.

.

No comments: